How to do day trip to Neuschswanstein Castle

9 Nov 2018

Day trip ke Neuschswanstein castle ini makan waktu seharian karena dr Munich naik kereta makan waktu kira2 2 jam dan disambung lagi dengan bus.

Kami beli Bayern tiket utk 24 jam yg bisa lebih hemat. Lebih hemat lagi kalau travelling ber5 karna tambahan per orang hanya 6Eur. Bayern ticket ini kami beli di ticket machine di train station.

Info on Bayern ticket: http://www.munich-touristinfo.de/Bavaria-Ticket.htm

kami naik train dr munich ke Fusen jam 09.55 karena kita baru bisa naik kereta pakai bayern ticket di weekdays setelah jam 9 pagi. Dari Fusen kami nyambung naik Bus 78 yg juga sudah di cover oleh bayern ticket.

Karena bulan November bukan peak season kami tidak beli ticket masuk castle online karena kita mau memutuskan on the spot saja apakah mau foto2 atau masuk castlenya. Kalau pergi saat peak season senaiknya ticket online ini karena bisa aja ticketnya habis padahal sudah jauh2 datang. Jangan lupa kalau beli online ticket sudah harus diambil 90 menit sebelum waktu tour. Neuschswanstein castle menyediakan tour sendiri. Jadi walau ikutan daytrip tour tetap saja di castlenya kita harus ikutan tour yang disediakan oleh pihak castle.

Bus dari Fusen berhenti di desa schwangau dimana ticket center berada. Habis beli ticket kami foto2 dulu di lake dekat situ. Dari situ kami bisa lihat Hohenswangau Castle yg warnanya kuning. Di ticket center sendiri kita bisa beli ticket neuschswanstein castle saja, hohenswangau saja atau dua-duanya.

Adek sibuk makan pisang

Lake di desa Schwangau

Ada 3 cara ke neuschswanstein castle dari ticket center:

1. Jalan kaki uphill 30-40 menit

2. Naik bus 3eur pp.

3. Naik horse carriage 6eur uphill dan 3eur downhill

Kami pilih nmr 2 karena nunggu kuda takutnya lama.

Dari tempat bus kita masih harus jalan lagi sekitar 10 menit downhill yg ternyata sangat menyiksa perjalanan pulang karena harus menanjak dorong stroller. Kalau naik horse carriage tempat berhentinya di sisi berbeda dan harus jalan uphill juga. Kalau benar2 mau menghndari jalan menanjak, rute terbaik adalah pergi naik bus dan pulang naik horse carriage.

Gak jauh dari tempat bus berhenti ada jembatan gantung marienbruck dimana kita bisa dapatin foto Neuschswanstein castle yang menurut saya anglenya paling bagus. Tapi sayang waktu kami kesana jembatan itu ditutup karna under maintenance 😦 Jadi kami cuma bisa foto2 castle secara penuh dari angle jalanan menuju castle

Ini castle Hohenschwangau diambil dari jalanan menuju Neuschswanstein castle

Ini Neuschswanstein castle yang konon menjadi inspirasi disney castle

Tour neuschswanstein castle sendiri berlangsung 20 menit dan kita diperlihatkan beberapa ruangan. Castle sendiri pembangunannya belum selesai dan tidak akan selesai karna Prince Ludwiknya keburu meninggal sebelum pengerjaan castle selesai.

Kita tidak ada waktu untuk explore desa schwangau karena cuma punya waktu satu hari tapi seandainya punya waktu lebih ada baiknya stay 1 malam biar puas.

Jam kedatangan bus dari schwangau ke Fusen disesuaikan dengan jadwal kereta. Train dari Fusen ke Munich ada yg direct dan ada yg harus transfer tergantung jamnya.

Kami sampai kembali ke Munich sekitar jam 8 malam dan lsg dinner di restoran vietnam dekat hotel. Ini malam terakhir kami di Munich. Besok kami pulang ke Jakarta. Flight Sari pagi dan flight saya sore.