Flying home from Munich

10 Nov 2018

Finally our europe trip comes to and end. Saya belum pernah pergi liburan selama 2 minggu full dan ternyata capek juga ya hahahaha. Baru kali ini saya merasa it is time to come home. Mungkin karena saya kangen Fabio dan suami juga sih :p

Karena pesawat saya masih sore, saya pagi-pagi jalan ke English Garden dulu dan nyari playground biar Alyssa senang. Soalnya nanti malam perjalanan panjang di pesawat

English Garden ini menurut saya biasa sih dan lokasinya lumayan jauh kalau naik bus dari Marienplatz.

Siang saya check out Hotel dan memutuskan untuk langsung saja ke airport biar bisa santai disana ngurusin tax refund dan sebagainya.

Dari train station ke airport bisa naik train atau lufthansa bus. Karena bawaan lumayan banyak saya naik taxi dari hotel ke train station. Taxinya minta panggilin hotel. Sebenernya dekat banget tapi saya gak sanggup geret koper yg udah beranak plus dorong stroller.

Dari train station saya naik lufthansa bus. Biayanya €10.5 dan alyssa gratis. Hemat banget kan daripada naik taxi bayar €80. Bayar Taxi €10 jd total saya hemat banyak. Medit demi bisa beli tas baru wkwkwkw

Kesalahan yg saya lakukan, seharusnya saya ajak alyssa pipis selagi di hotel karena ketika di train station saya gak bisa ke toilet lagi karena harus turun tangga sementara bawaan banyak banget. Untung saya bawa pampers 1 buah di tas jd ketika alyssa bilang dia mau pee saat di bus saya pakein dia pampers.

More about Lufthansa express bus :

Sampai di airport saya ambil trolley biar lebih gampang bawa koper dan stroller dan bayar €1. Karena datang kecepetan counter turkish airlines belum dibuka tp karena sudah ada antrian saya jadi ikutan antri juga. Selesai check in, bagasi saya bawa lagi karena saya harus declare tax refund. Custom check utk Tax refund ada di terminal 1B. Mbak yang jaga counternya baik banget, dia even gak minta saya liatin barangnya padahal saya sudah siap buka koper. Sepertinya dia sudah gemes sendiri sama alyssa or gak tega sama saya hahaha. Dia lsg stamp kertas2 refund saya dan bagasi di submit disitu.

Dari Custom saya jalan ke counter Tax refund nya sendiri. Global blue persis di sebrangnya Custom checking. Sementara operator yang satu lagi lokasinya di lower ground dan saya harus tanya2 dimana lokasinya. Ternyata gabung sama Bank.

Kelar Tax refund Alyssa nemu playground jadi dia main dulu 15 menit sebelum kita menuju passport control. Ternyata pemeriksaan juga cukup lama karna antrian panjang. Jadi memang sebaiknya spare banyak waktu di airport biar gak buru-buru.

Ahamdulillah selama perjalanan pulang ini walau lbh rumit karna harus pakai bus instead of Garbarata dan di istambul ternyata rame sama peserta umroh, selalu ada aja yang bantuin saya. Turkish airlines crew selalu sigap kalau liat ibu2 travelling sendiri sama anak kecil. Saya selalu nongolin muka biar mereka lihat dan saya dapat prioritas masuk duluan. Begitu melihat bawaan saya banyak petugaspun sigap bantuin. Di bus ada aja yg kasih duduk. Naik pswt tahu2 ada sesama passenger yg bawain stroller saya. Alhamdulillah ya Tuhan jalan kami pulang dimudahkan 🙏🏻🙏🏻

Alyssa juga di pesawat langsung kasih mainan sama pramugarinya dan dikasih susu coklat. Bahagia deh anak ini. Dia lsg sibuk buka hadiah mainan yg ternyata topi lucu dan mainan pesawat

Alhamdulillah di pesawat lancar. Habis main Alyssa tidur dan gak ngompol. Saya masih suka deg2an dia ngompol karna dia baru potty trained beberapa bulan yg lalu. Ternyata selama trip ini dia gak pernah ngompol loh…. hebat banget anak ini. Memang benar sih kalau mau potty trained Ibunya yg harus siap mental dan berani lepas pampers.

Perjalanan pulang ini saya pilih seats yg cuma 2 seats rownya jd saya bebas bolak baik toilet tanpa harus permisi sama yg di aisle.